My Note: 48 Hours

48 hours

–ooOoo–

It was only until yesterday, a tuesday morning that the police located a few boys in the villa of a suburban farm.Unfortunately, when they were discovered, only one male was alive, sitting in the tub,attempting to swallow great amounts of heart disease pills. His Chinese name is Wu Yi Fan, English name Kris, 24 years of age…

–ooOoo–

Sudah satu tahun, saya baru nemuin FF ini. Sudah satu tahun, saya baru so into EXO. Harap wajar.

48 Hours? Apa itu?

Fan fiction. FF, merupakan sebuah cerita fiksi hasil karya seorang penggemar yang di dedikasikan untuk idolnya. 48 Hours ini bisa saya bilang, FF paling mematikan yang pernah saya baca, dari segi apapun. Dengan genre yang penuh ketegangan dan pertanyaan, saya berusaha sekeras mungkin untuk menelaah sambil membaca. Karena sekedar membaca secara cepat, tidak akan membantu kamu untuk mengerti inti cerita ini.

Semua penggemar EXO pasti tahu FF ini, kalau kamu penggemar baru gak usah takut. Saya nanti kasih link-nya di bawah. Setahu saya, FF ini aslinya bahasa Cina atau Mandarin, saya kurang tahu bedanya. Dan sudah di terjemahkan ke bahasa Inggris, Vietnam, Bahasa Indonesia, Poland, German, dan Italian… sejauh ini saya hanya tahu itu. Kalau sudah ada terjemahannya otomatis kamu tahu kan seberapa bagus ceritanya? Terlepas dari tata bahasa. Ini merupakan FF Terjemahan yang rasanya begitu sulit untuk membuat tata bahasanya sesuai dengan peraturan, sementara ada aturan untuk tetap menjaga gaya bahasa penulis yang sebenarnya.

Karena sudah berumur nyaris satu tahun, cukup sulit mencari FF ini. Nah, untuk kalian yang mau baca… kalau kalian merasa bahasa inggris kalian tingkat dewa, or as fluent as the native ones, lantas bacalah dengan bahasa Inggris. Tapi kalau perbendaharaan kata kalian masih belum se-fluent pemilik score TOEFL di atas 500, saya sarankan baca yang versi bahasa Indonesia. Bukan masalah kata-katanya yang sulit dimengerti, tapi penulisannya yang agak berantakan. Kadang membuat yang baca jadi “Ini kalimatnya siapa? Untuk siapa? Ngomong apa sih? Maksudnya apa?” dari pada sepanjang cerita kalian sibuk mengerutkan kening, lebih baik baca yang sudah pasti saja.

English Version:

http://lukais.livejournal.com/2012/10/01/

Indonesian Version:

http://exo-i.blogspot.com/2012_10_01_archive.html

Saran saya, bacanya pelan-pelan, jangan terlalu ngebut. Ada sebuah pesan moral berat yang terkandung dalam cerita ini, dan kalau kamu baca dengan teliti.. kamu akan memandang hidup dengan cara lain. Kamu akan mendapatkan seorang figure yang rasanya begitu pantas di jadikan contoh.

Sekarang… saya mau lari ke dunia fangirling

.::.

OH MY DEAR GOD! DEMI APA INI CERITA CUMA 21 PART?! Gokil… sumpah! Plotnya, karakternya, bahasanya! Beberapa rangkaian kalimat akan bikin lo ketampar. FF ini… bener-bener ganggu mental gue. Sebenernya gue merasa ada yang kurang, walaupun sedikit, tapi bisa ditutupi dengan ceritanya yang keren ini.

Twist nya… namanya twist, yang satu ini, lo bener-bener gak akan nyangka. Otak lo akan terus dibuat terombang-ambing bahkan walaupun hasil akhirnya udah keluar. Bener-bener bikin lo kepingin debat pendapat sama yang lain, karena masing-masing orang punya pemikiran berbeda kan?

Entah gue yang ikut kena gangguan mental atau terlalu menghayati, atau lo biasa bilang lebay. Ya terserah deh lo mau bilang apa. Tapi klimaks-nya ff ini, bikin gue nangis. Luhan, Kris, Lay… tiga cowok favorite gue yang berusaha sebijak mungkin untuk tetep hidup. Sebenernya gue kaget begitu nemuin adegan KRAY (Kris-Lay) di sini, walaupun justru itu yang bikin gue nangis hahahaha. Masalahnya gue merasa ikut ngambang sama mereka, ikut dehidrasi (karna emang gue baca pas puasa), dan ikut was-was dengan segala yang ada di sekitarnya. Beberapa kali gue dibikin kaget sama plot-nya yang tahu-tahu berubah ke present terus berubah lagi ke past, tanpa aba-aba satu pun.

Adegan terakhir si Mr.Survivor dan Mr.Wise nunjukin seberapa pasrah mereka dengan segala hal yang telah mengganggu otak dan hati mereka selama 48 Jam terjebak di rumah sihir. Antara kaget, mau bergidik ngeri, tapi masuk akal… gue gak bisa komentar apa-apa selain terharu. Kalau lo tiba di adegan yang gue maksud dan ngerasa jijik, artinya lo gak sepenuhnya masuk ke dalam cerita. Karena rasanya… bagi orang yang udah kena tekanan batin segila itu, hal ini menjadi agak wajar.

Di FF ini sih gue gak bisa nyatuin bayangan karakter anak-anak EXO yang gue tahu sama karakter mereka yang tergambar di ff, kecuali satu orang. Lay. Karakternya itu rasanya dia banget. Beneran deh! Lo musti baca! Mungkin prolog-nya bikin lo kehilangan minat, tapi tahan deh.. sampe akhirnya lo masuk part 1 dan lo akan mulai ketagihan.

Gue menyarankan lo baca, bukan untuk di jiplak. Di antara ‘terinspirasi’ dan ‘ngejiplak’ ada sebuah garis tipis yang membatasi. Gue harap lo bisa liat :D. Kalau udah baca, boleh kok diskusi bareng, mau heboh-hebohan juga boleh ^O^

Salam Blowed Mind,

Lana

//

13 thoughts on “My Note: 48 Hours

  1. Rasanya bukan kamu aja, aku bener2 galau abis baca ini ff sampe berhari2. Kenapa endingnya begitu? Kenapa bisa begitu? Kenapa? Kenapa? Bnyak bgt pertanyaan yg muncul dan benar2 ga rela berasa gila akunya. Salah satu ff mind-blowing banget lah + sukses bikin banjir air mata xD

    1. iya beneeeeeeeeeerrrr!!!
      Hahahahha
      sebenernya beberapa fakta masih ada yang gantung deh kayaknya
      tapi ya udah laahh, suka-suka penulisnya akakakka~

      btw, MAKASIH BANYAK UDAH MAMPIR ^O^

  2. maaf nyasar ya ._. kebetulan emang lagi mau baca lagi ff itu 😀 pertama kali baca itu emang was-wasa bgt ya ampun itu aplaagi pas kasus tersembunyinya si Xiumin sama Chen, dua mayat yang duluan ditaruh itu hilang, Apalagi permasalahan sampai klimaksnya..aduhhh favorite banget 😀 aku hampir scroll down ngeliat adegan dua cowok itu masyaallah -_- lumayan masuk kedalam ceritanya, ff ini genre terfavorit aku dari aku pertama nonton film horror wkwkwk,

      1. Ya ampun aku masa gak baca komen kamu yang terakhir. Astaga udah setahun gak di bales coba padahal seru banget kalau kita bisa lanjut diskusi kan, huft
        Iya, Step itu sangat recommended juga! Jauh banget lebih menguras otak dari 48 Hours, tapi worth parah. Sepadan sama waktu yang kamu luangin dan tenaga yang kamu habisin untuk namatin itu FF.
        Sangat inspiratif dengan pesan moral yang, fiuh, cukup berat.
        Tapi kalau kamu seneng blog walking atau baca FF, di fandom exo banyaaaakk banget FF yang wow, storyline nya gila dan gak sembarangan cerita
        di fandom lain juga sih, or maybe emang penulis jaman sekarang udah sangat berbakat and all
        Ada rekomendasi?

      2. oh yaampun tak apa ^^ kamu harus baca ff si author ini yg judulnya Step *-* menyayat hati-oke. Juga ada Daddy’s love (tokohnya kai dan sdh di terjemahkan sebagian di FFINDO) dan aku lupa judulnya apa karena seingatku itu. terus anterograde tomorrow (KaiSoo) sudah diterjemahin sama amusuk AFF ini keren banget! walau yaoi ini nsak melenceng dari ide cerita. Baby’s breath (BaekYeol) sahabatan dulunya tapi chanyeol yang sekarang seumuran sama Baekhyun jadi idiot karena kecelakaan masa lalu. Rekomendasi ♡♡ ada di AFF. 10080 (BaekYeol) angka binary yang disukai Baekhyun berhasil mengisi hari Chanyeol hingga akhir perjalanannya nanti (keren banget*-*/slight sama Kyungsoo) di exofanfiction.wp.com. Bad Boys Bride sudah di terjemahin di Saykoreanfanfiction.wp.com baru 4 chapter kalau tidak salah, tokohnya Jongin sama Oc tentang pertunangan. Euhm… apalagi ya… aduh maaf ya malah kebanyak rekomendasi boyxboy haha. kalau tulisan tanah air banyak yang bagus-bagus juga kok, tapi aku menunggu pendapatmu dulu jika ingin 🙂

      3. Aaaahh aku udah baca step, anterograde, babys breath, dan teman-temanny ayang masuk ke list FF legend. Dan kkkk jadi malu emang rata-rata yang ceritanya bagus itu boyxboy. Beberapa ff indonesia ada yg bagus tapi sayang udah di bumihanguskan sama penulisnya, huft aku jadi gabisa rekomen
        Oh, kamu coba baca Running With Wolves. FF nya Kai and it’s so cool.
        Kamu ada rekomendasi kalau yang ff bahasa indonesia? gak perlu exo 🙂

      4. euhm.. apa ya? kalau kamu mau coba selain Exo kamu bisa cari di indofanfictionkpop/IFK, itu keren-keren semua dan aku suka cerita Monster (itu chapter dan pemerannya Big Bang sama Oc) dan kill the claustrophobia pemerannya ada Jessica Ex-GG, aku nemuin juga ada FF dari Shinee itu keren banget klimaksnya gak terduga tapi lupa judulnya apa ;-; ada di fanpage khusus shine (ngubek memori)

      5. ah ya kepotong TT nanti aku coba baca FF Kai yang itu deh kebetulan aku lagi buat FF bertema wolf gitu (duh apaan banget;-;) entahlah kapan selesainya semoga bisa di post secepat mungkin ‘*’ selebihnya aku punya banyak rekomendasi FF Exo apalagi BoyxBoy#lagiTT dan ada project cerita berantai FF Chanyeol yang sedang berjalan Alhamdulillah sudah sampai lebih dari lima chapter 😀 judulnya Flechazo #promosi

      6. Oh ya? aku beberapa kali sih main kesana cuma mungkin karena gatau siapa penulis yang bagus dan cerita mana yang rekomended jadi agak bingung soalnya banyak kan ffnya heheh
        oh ya? itu project nya di blog kamu?

      7. iya, ehm .. enggak juga di blog teman2 dan itu dari blog iruza zate kalau gak salah pencetusnya hihiw :3 di IFK aku suka authornya random, apalagi yang sasphire beuh ceritanya suka antimainstream sendiri hihi

    1. hihihi halooooo 😀
      senangnya ada yang nyasar kemari

      beeehh aku waktu pertama baca tuh yg versi translate indonesia, udh males duluan. pertama bahasanya, kedua narasinya ketiga kerapiannya
      tapi nekat baca versi english translate beeehhh gak bisa berhenti padahal kepala udh ngepul. itu bahasaaaaa beratnya naujubilah
      tapi gila ya keren banget. maksudnya, dari kasus segitu besar ternyaa inti masalahnya sederhana
      well well soal adegan kris dan lay kekek jujur aja baru pertama bac yg ada bromance nya gitu. dan gara2 48 hours ini jadi suka bac bromance.
      and yep, ini bener2 ff wajib baca banget. btw, kamu udh baca Step blm? itu gilaaaaaa kepla mau pecah tapi kereeeeennn ;_;

      gak apa-apa spm juga
      aku terima dengan senang hati kekeke

      1. tapi pas aku liat lagi translate indonya udah di edit lagi kok, jadi enak dibacanya, aku baca translate english yang itu kepala emang udah ngepul duluan, baru setengah prolog, bayangkan ._. /gubrak/
        aku yang ngerinya itu bagian si Sehun..jatoh..gak tepat sama trampolin disampingnya. Kok bisa aja nempatinnya gak sesuai, padahal’kan rumah itu harusnya tempat mereka untuk berlibur, tapi malah berujung maut. Mangkanya aku ketagihan baca cerita itu lagi 😀
        Step.. itu cerita tentang time travel’kan? aku baru aja baca chapter 0, hehehe si Luhan itu loh bisa aja ngelana, bahasa pertama kali aku baca cerita itu aja udah ngeperes kepala saking ngantuknya wkwkwk, tapi katanya aku lihat di salah satu blog ngeview cerita itu moralnya bagus. Terus ceritanya bikin nangis.. /katanya/
        maaf ya aku ngespam lagi #bow :’)

Leave a Reply

